Strategic Management: Mau dibawa kemana?

Langkah pertama dalam membahas strategic management adalah developing a strategic vision, mission, and values. Visi menurut kamus besar bahasa Indonesia adalah
visi:
vi·si n 1 kemampuan untuk melihat pd inti persoalan; 2 pandangan atau wawasan ke depan: seluruh rakyat mempunyai — yg sama mengenai perjuangan bangsa; 3 kemampuan untuk merasakan sesuatu yg tidak tampak melalui kehalusan jiwa dan ketajaman penglihatan; 4 apa yg tampak dl khayalan; 5 penglihatan; pengamatan
atau secara sederhana dapat kita gunakan term kekinian “mau dibawa kemana sih?”.

Lebih lanjut Thompson menjelaskan, “A strategic vision describes -where we are going- the course and direction management has charted and the company’s future product-customer-market-technology focus.” ¹
Sebuah strategi visi menggambarkan tentang -mau dibawa kemana organisasi ini- jalan dan arahan yang telah dipetakan dan masa depan perusahaan tentang produk-konsumen-pasar-fokus teknologi.

Kriteria management adalah efektif dan efisien, demikian juga mengenai visi. Visi yang baik haruslah efektif. Beberapa indikator visi yang efektif menurut Porter adalah:
1. Graphic – menggambarkan sebuah imej perusahaan seperti apa yang ingin dibuat oleh pihak manajemen dan mengenai posisi pasar yang berusaha dipertahankan oleh manajemen.
2. Directional – Is forward looking (melihat jauh ke depan). Mendeskripsikan cara strategi yang telah dipetakan oleh manajemen dan mendeskripsikan mengenai macam perubahan produk-pasar-konsumen-teknologi yang akan membantu perusahaan untuk mempersiapkan masa depannya.
3. Focused – Cara yang spesifik untuk menyediakan manajer dengan arahan dalam membuat keputusan dan mengalokasi sumber daya.
4. Flexible – Tidak terlalu kaku sehingga manajemen mudah untuk melakukan penyesuaian.
5. Feasible – nyata. sehingga sangat masuk akal dalam target pencapaian.
6. Desirable – mengindikasikan mengapa jalan yang baik dapat memberikan efek suasana bisnis yang baik
7. Easy to communicate – mudah dijelaskan hanya dengan 5 sampai 10 menit dan idealnya dapat diringkas menjadi sederhana.²

Beberapa contoh visi yang baik dan populer:
A car in every garage – Henry Ford (perusahaan mobil Ford)
A computer on every desk and in every home – Microsoft

Penting:
Don’t forget that a vision should be a one sentence clear, inspirational and memorable statement.
Mission statement akan dibahas pada artikel berikutnya.

Penyusun:
Adib Rofiqi
————-
Referensi:
¹Gamble, John. 2015. Essentials of strategic management: the quest for competitive advantage/ John E. Gamble, Arthur A. Thompson Jr., Maragaret A. Peteraf, 4e (edition) hlm.16
²Ibid hlm.17
http://www.strategicmanagementinsight.com
http://www.microsoft.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s