Needs Hierarchy: Be Yourself Fellas..!

Abraham Maslow menuangkan piramida hierarki kebutuhan manusia yang sering menjadi landasan motivasi. Salah satu levelnya adalah aktualisasi diri (self actualization). Menarik memang. 5 level tersebut sesuai dengan karakter umum manusia. Namun urutannya? You can create your own hierarchy.

image

Salah satu alasan saya membuat tulisan ini adalah fokus pada self actualization yang sering kali banyak menyita perhatian dan waktu. Hingga pada akhirnya datang seorang perempuan bijak yang lebih tua daripada saya lalu dalam pesan singkatnya ia berpesan “Jangan berusaha meniru orang lain, jadilah dirimu sendiri dek, karena tanpa kamu sadari pun banyak orang lain yang ingin menjadi seperti dirimu”.

Anda tau rasanya? Campur aduk, nasehat itu begitu mengena di benak saya yang saat itu sedang dalam level self actualization, bingung ingin menjadi seperti apa atau bagaimana menjadi manusia yang dapat diterima kelompok masyarakat ditengah arus kekinian yang merepotkan pikiran.

Memang naif jika dalam tulisan ini langsung menunu ke klimaks, namun bukan dalam tulisan ini saya akan menyampaikan my life bet. Saya hanya menyampaikan sebuah kalimat motivasi yang saya rasa juga akan berguna bagi anda yang sedang dalam level “I am going to be a…….”. Be yourself..! Create your own way..!

Percayalah, orang datang dan pergi. Ketika anda memutuskan menjadi diri sendiri tanpa mengimitasi pakaian, gadget, atau pose selfie kekinian dari orang-orang yang anda anggap “terkini” atau mainstream in other way, anda akan mungkin kehilangan beberapa orang. Tapi, oranglain siap menggantikan peran orang yang meninggalkan anda dengan lebih baik.

Just, always remember. Religion is always take its position in number 1. Kalau harus ada yang ingin kau tiru, tirulah Nabimu jika kamu Muslim. Not anyone else.
Being a so update person is always tired.
You’ll need much time and much money that you’re not suppose to spend that.

Penyusun:
Adib Rofiqi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s