Islamic Work Ethic (Bag.1)

Rised Up
Isu ini berawal dari munculnya essay yang ditulis oleh Max Webber pada tahun 1904 mengenai Protestant Work Ethic dengan judul “Protestant Work Ethic and The Spirit of Capitalism”. Dia menyatakan bahwa Protestan Kalvinistik memiliki sebuah dorongan spiritual pada kapitalisme dan bahwa kesuksesan karir dan kesuksesan finansial bukan hanya tujuan pribadi namun juga tujuan agama (Kidron, 1978). Pertanyaannya adalah, bagaimana dengan Islam? Apakah nilai-nilai Islam mendukung etika kerja dan membawa dampak positif dan signifikan bagi pekerjaan dan organisasi?

Ethic is
Secara khusus etika kerja dipercaya refleksi dari sikap seseorang terhadap beberapa aspek kerja, termasuk juga pilihan dalam aktivitas dan keterlibatan, sikap terhadap penghargaan berbentuk moneter maupun non moneter, dan keinginan pertumbuhan karir (Cherrington (1980) dalam Yousef (2001)). Randal dan Cote (1991) menambahkan bahwa etika kerja menstimulasi pekerja untuk secara aktif terlibat dalam pekerjaannya.

Islamic Work Ethic
Meskipun isu etika kerja berkembang di negara barat, Islam memiliki orisinalitas dalam etika kerja. Etika sendiri dalam Islam terwakili dengan term akhlak (Ahmad dan Owoyemi: 2012). Islam sebagai agama yang komprehensif jelas mengatur mengenai etika, bahkan etika menjadi salah satu topik utama dalam Al Quran dan Al Hadits (Marri et al: 2012). Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- bahkan diberikan predikat etika yang paling baik “Dan sesungguhnya kamu benar-benar berbudi pekerti yang agung” (68:4), budi pekerti dalam ayat diatas berlaku global sehingga memiliki arti budi pekerti yang mulia dalam semua aspek kehidupan termasuk didalamnya etika kerja. Dalam Al Hadits disampaikan bahwa Nabi -shallallahu ‘alaihi wasallam- memiliki misi untuk melakukan improvement pada etika. “Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang baik.” (HR. Bukhari dalam Al Adabul Mufrad no. 273). Adalah Abbas J Ali yang pertama melakukan studi secara mendalam mengenai etika kerja Islami terkait dengan konsep, dimensi dan pengukurannya pada 1988 dan kemudian diikuti banyak penelitian-penelitian yang mendukung.

Etika Kerja Islami adalah seperangkat nilai atau sistem kepercayaan yang bersumber dari Al Quran dan Al Hadits yang memperhatikan masalah kerja dan bekerja keras (Ahmad dan Owoyemi: 2012). Ali (2008) menyatakan, etika kerja Islami adalah sebuah orientasi yang membentuk dan mempengaruhi keterlibatan dan partipasi penganutnya (Muslim-red) di tempat kerjanya. Etika kerja Islami berdiri di atas 4 pilar dan 11 dimensi.

Bersambung ke artikel selanjutnya.

Penyusun:
Adib Rofiqi
——————–
Referensi:
-Al Quran dan Terjemahnya, Cetakan Komplek Percetakan Al Qur’anul Karim Raja Fahd)
-Abbas, J. Ali (2008), “Islamic work ethic: a critical review”, Cross Cultural Management: An International Journal, 15 (1): 5-19.
-Ahmad S and Owoyemi M Y, “The Concept of Islamic Work Ethic: An Analysis of Some Salient Points in the Prophetic Tradition.” International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 20 October 2012 p.118
-Kidron, A. (1978), “Work values and organizational commitment’’, Academy of Management
Journal
, Vol. 21 No. 2, pp. 239-47.

-Marri, K. Y. M., Sadozai, M. A., Zaman, F. M. H., Ramay, I. M., (2012), “ The impact of Islamic work Ethics on job satisfaction and organizational Commitment: A study from Agriculture Sector of Pakistan”, International Journal of Business and Behavioral Sciences, 2(12): 32-45
-Randall, D. & Cote, J. (1991), Interrelationships of work commitment constructs: Work and Occupations, 18(2), 194–211
-Yousef, D. A. (2001). Islamic Work Ethic A Moderator between Organizational Commitment and Job Satisfaction in A Cross-Cultural Context. Personnel Review, Vol. 30, No. 2, 2001, pp. 152-169.
http://www.pengusahamuslim.com

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s