Nyari Judul Skripsi?

Dalam khazanah keilmuan hamba yang entah sudah berapa byte terakumulasi dalam otak, mencari judul skripsi itu mudah jika tau triknya. Nah disinilah kebenaran quote ‘Pengalaman adalah guru terbaik’. Dari pengalaman, kawula semua menghemat langkah-langkah gagal yang seharusnya dilalui menjadi cukup di-skip dan mencoba kegagalan lain.

Kemampuan melogika hamba terkadang mencapai gelombang Alpha-Tetha pada saat-saat tertentu. Contohnya pada saat ini, yaitu saat melakukan ekskresi harian. Maka pada kesempatan ini akan hamba beberkan beberapa trik mencari judul skripsi dari pengalaman hamba (based on true story), kendati demikian hamba tidak menjustifikasi bahwa teknik hamba ini yang paling benar (mencoba merendah padahal aslinya merasa benar sendiri).

Yang perlu diperhatikan ialah: Alat ukur. Baik itu penelitian dengan pendekatan kualitatif maupun kuantitatif, hal yang pertama harus anda cari adalah alat ukur. Dalam kaitan ini, tentu anda memiliki alasan mengapa mencari alat ukur tersebut, disinilah peran subyektifitas seorang peneliti: mengapa ia memilih alat ukur tersebut. Permisalannya seperti: ada banyak alat ukur teknis seperti penggaris, mistar sorong, busur derajat, timbangan, termometer dll. Suatu ketika anda memilih termometer, tentu karena anda memiliki ketertarikan atasnya, bisa hal itu karena mudah didapat, sederhana, atau karena isu terpanas adalah mengenai ‘sesuatu’ yang diukur dengan termometer, suhu badan teman anda yang baru demam mungkin menjadi alasannya. Jelas tidak logis bukan kalau anda mengukur suhu badan dengan mistar sorong?

Lalu apa yang dimaksud alat ukur dalam penelitian sosial?
1. Pengertian alat ukur = definisi teori/ variabel
2. Alat ukur = dimensi/indikator yang ada pada variabel tersebut
3. Apakah sudah tersedia interview guide (jika kualitatif) dan item kuesioner (jika kuantitatif)

Jika ketiga hal diatas sudah dapat ditemukan, maka pengerjaan proposal penelitian akan lebih mudah. Oiya, untuk jurusan MD, biar judulmu enggak duplikasi alias ngulang-ngulang lagu lama, cek dulu disini.Eits, tips dan triknya masih ada lagi. Tunggu tulisan berikutnya ya soub.

—–
Adib Rofiqi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s