Fundamental Islamic perspective of work ethics

Bismillah

Beberapa hari lalu saya mendapatkan jurnal ini, di kampus. Oiya, bagi yang mau download bisa di alamat ini, tapi syaratnya harus lewat wifi kampus ya. http://dx.doi.org/10.1108/JIABR-02-2014-0006

Jurnalnya berbicara apa sih?
Karena saya sedang tertarik membahas masalah etika, dan itulah alasan penelitian saya juga bertema etika jadi jelas jurnal ini membahas mengenai etika.
Eits tunggu dulu, ada yang menarik pada jurnal ini. Pada umumnya jurnal mengenai etika kerja Islam yang saya temui dan saya baca biasanya menggunakan pendekatan ilmu manajemen atau ilmu psikologi dan atau ilmu sosial. Jurnal ini beda.

Jurnal ini menggunakan pendekatan #UshulFiqih, yang mana kita tau ushul fiqih adalah disiplin ilmu yang padanya sistem normatif dan hukum Islam menjadi derivatnya.

Mengapa membahas etika kerja?
Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam adalah nabi yang diutus untuk umat akhir zaman dengan generasi yang plural. Salah satu tugas pokok beliau adalah menyempurnakan akhlak mulia.

Kata ‘etika’ memang tidak disebutkan secara eksplisit di dalam Al Quran, karena kata tersebut berasal dari bahasa yunani yaitu ‘etos’. Namun hal ini terjembatani dengan kata akhlak (Ahmad & Owoyemi, 2012: 117). Salah satu bentuk nyata akhlak atau etika ialah etika dalam bekerja atau etika kerja.

Pada praktik nyata, masih dapat kita jumpai kerja dari seorang Muslim yang tidak beretika (Islam). Bisa disebutkan misalnya seorang muslim yang bekerja pada perusahaan yang memproduksi barang dan atau jasa haram (miras, rokok, prostitusi, judi dll), muslim yang bekerja seadanya tanpa maximum effort, atau muslim yang bekerja namun mengkorupsi waktu kerja dengan bermain hp atau berselancar di dunia maya padahal kontrak (akad) kerjanya berdasarkan jam kerja.

Menjadikan Nabi sebagai teladan berarti berusaha mengimitasi sifat-sifat nabi pada diri sendiri. Salah satunya ialah dengan mengimitasi etika kerjanya. Sudahkah kita berusaha mengimitasi beliau?

Adib R
——–
Reference:
-Saeed Hameed Aldulaimi, “Fundamental Islamic perspective of work ethics”, Journal of Islamic Accounting and Business Research, Vol. 7 No. 1, 2016 pp. 59-76
-Shukri Ahmad and Musa Yusuf Owoyemi, “The Concept of Islamic Work Ethic: An Analysis of Some Salient Points in The Prophetic Tradition”, International Journal of Business and Social Science, Vol. 3 No. 20 (October, 2012) pp.116-123

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s