Kapan Ambulance Didahulukan?

Persepsi yang berkembang di masyarakat bahwa kendaraan bermotor harus mendahulukan ambulans jika sedang membawa pasien saja. Disamping itu, sebagian masyarakat belum mengetahui bahwa beberapa kendaraan khusus mendapat prioritas di jalan raya ketika bertugas, salah satunya adalah ambulans.

Selanjutnya muncul pertanyaan, kapankah pengendara kendaraan bermotor atau pengguna jalan memberikan prioritas pada kendaraan khusus (damkar, ambulans, polisi, mobil kepresidenan)? Apakah saat ambulans membawa pasien? Apakah saat ambulans kosong tidak membawa pasien namun lampu rotator menyala? Atau saat apa?

Kami sebagai awak ambulans akan mengulas tentang kendaraan berbody panjang ini. Menurut KEPMENKES Nomor 143 Tahun 2001 tentang Standarisasi Kendaraan Pelayanan Medik disebutkan ada 6 jenis kendaraan medik; yaitu Ambulans Transportasi, Ambulans Gawat Darurat, Ambulans Rumah Sakit Lapangan, Ambulans Pelayanan Medik Bergerak, Kereta Jenazah, dan Ambulans Udara. Ambulans yang sering Anda jumpai di jalan raya setidaknya ada 5 jenis.

Kapankah pengguna jalan lain wajib mendahulukan ambulans? Disarikan dari KEPMENKES tersebut serta UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ, ambulans dikatakan sedang bertugas pada saat lampu rotator (atau juga biasa dikenal dengan lampu strobo) menyala (baik diiringi dengan bunyi sirine maupun tidak), selama lampu rotator dalam keadaan hidup maka pengguna jalan lain wajib memberikan prioritas pada ambulans, terlebih jika sampai sirine dibunyikan.

Kapankah lampu rotator dinyalakan? Yaitu (1) jika ambulans hendak menjemput pasien, dalam hal ini sirine boleh dihidupkan (2) pada saat membawa pasien, dalam kondisi ini sirine seminimal mungkin dibunyikan. Singkatnya, jika lampu rotator tidak menyala maka kendaraan ambulans menjadi seperti kendaraan umum dan tidak mendapat hak khusus.

Kasus-kasus tertentu dan jawabannya
1. Ambulans menyalakan lampu rotator & sirine namun tidak membawa pasien.
Jawaban: Dimungkinkan ambulans tersebut hendak menjemput pasien, sehingga perlu mendapat prioritas agar pasien dapat segera mendapat pertolongan.

2. Ambulans menyalakan lampu rotator, sirine, menerobos persimpangan, menggunakan jalur berlawanan namun kemudian lampu & rotator mati.
Jawaban: Pada saat keluarga pasien/ orang sekitar pasien menghubungi ambulans, pasien tengah mengalami kondisi darurat/kritis, namun ketika ambulans tengah diperjalanan, kondisi pasien membaik atau ambulans gawat darurat (AGD) lain sudah sampai di lokasi pasien dan memberikan pertolongan, sehingga ambulans lain dengan sigap mematikan lampu rotator & sirine karena kondisi kritis sudah teratasi.

3. Ambulans tidak menyalakan lampu rotator & sirine.
Jawaban: Bisa dipastikan tidak sedang bertugas, atau selesai bertugas.

4. Ambulans berada di jalan dengan kondisi lampu rotator & sirine mati, kemudian tiba-tiba dinyalakan.
Jawaban: Dimungkinkan ada keluarga pasien yang mendadak menghubungi ambulans untuk meminta pertolongan.

Demikian sekelumit pengetahuan yang dapat kami sharing, semoga bisa mengedukasi masyarakat dan menumbuhkan kesadaran pentingnya memberikan prioritas kendaraan dengan hak khusus terutama ambulans.

______________

Kami berharap Anda terus mendukung Ambulans Gratis Peduli Muslim berkhidmat untuk umat. Salurkan donasi operasional ambulans, melalui rekening khusus operasional ambulans:
.
BNI Syariah (Kantor Cabang Yogyakarta), no: 0.4444.4322.2 a.n. Peduli Muslim
> Kode transfer dari non BNI: 009
> SWIFT CODE transfer dari bank luar negeri: BNINIDJA

===
Dikutip dengan sedikit perubahan dari fanspage Ambulance Gratis Peduli Muslim.

Anda membutuhkan ambulance gratis? copas text berikut lalu klik ke link yang tersedia (langsung terhubung ke whatsapp)

__________________&__________________
*Permohonan Ambulan Pasien*

Nama Pasien:
Umur:
Sakit:
Disabilitas (bisa jalan/tidur):
Alamat penjemputan:
Alamat Antar:
Koordinat / google map alamat:
Hari, Tanggal penjemputan:
Jam penjemputan:
No. Telp Pasien/Keluarga:

*Wajib di isi*

Klik link whatsapp

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s