Anak Muda Kekinian: TEAJ

Jogja makin ramai dengan kendaraan roda dua dan roda empat, sayangnya tak ada kendaraan alternatif macam naga terbang, atau harimau bersayap. Dikeramaian itu khalayak memiliki tujuan berbeda beda, ada yang hendak kerja, sekolah atau dolan. Namun ada juga ambulance yang membawa orang sakit hendak dibawa ke rumah sakit.

Sedikit banyak pasti pernah anda jumpai di Jogja tercinta ini, ambulance dengan sirine meraung keras terpaksa menunggu antrean di persimpangan atau perempatan atau pertigaan. Padahal menurut UU Nomor 22 Tahun 2009, ambulance adalah kendaraan nomor dua yang berhak mendapat prioritas hak jalan, setelah kendaraan pemadam kebakaran (damkar).

Djiwa Moeda, demikian saya menyematkan sifat positif itu pada anak-anak muda kreatif dan tangguh juga tentunya berjiwa sosial tinggi yang tergabung dalam TEAJ, Team Escort Ambulance Jogja. Ha piye dab? Mereka ini tidak seperti umumnya anak muda lain yg menggunakan montornya untuk sekedar ngebut iseng di jalan, atau komunitas yang cuma touring wae gaweannya. Mereka meluangkan waktu untuk jadi relawan sosial, agen langit, bertugas membuka dan mengawal ambulance, eh terkadang juga ngawal damkar juga sih.

Pas banget sama jiwa muda yang hobi melenggang di jalan kebut-kebutan wal byayakan. Mereka ini ngebut elegan, dan yang paling saya suka: nekat. hehe, kalo gak nekat rabakal bisa mbuka jalan.

Memang secara hukum, mereka tidak terpayungi, sehingga resikonya double. Tapi melihat maslahat, dan cara mereka berkendara, insyaAllah TEAJ ini efektif dan efisien, serta tidak arogan, kecuali pengguna jalan lain yg ngeyel ya mbuh ya. Soalnya ada juga, pengendara kendaraan bermotor sudah tau ada ambulance sedang bertugas (rotator nyala), bukannya memberi jalan justru menghalang-halangi, enggan mengalah.

Belum lagi di Jogja terkenal dengan istilah “riting kanan belok kiri” dan “mak kluwer” yang menjadi momok bagi pengguna jalan lain. Walhasil, TEAJ ini memang sangat besar manfaatnya untuk ambulance maupun damkar. Semoga apa yang dikerjakan mendapat balasan yang lebih baik dari Allah ﷻ.

——-

Adib Rofiqi

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s